Saturday, December 12, 2015

ROUTING CLASSFUL DAN ROUTING CLASSLESS



Routing menyediakan jalur untuk paket yang transfer dalam jaringan OR Memilih jalan dalam jaringan yang memiliki lalu lintas rendah sehingga paket data dapat mentransfer pada tingkat yang lebih tinggi.
a.   Routing Classful
1.      Pengertian
Classful secara sederhana dapat diartikan "dengan kelas" atau "menggunakan kelas". Kemudian, jika dikaitkan dengan pengalamatan IP, maka pengalamatan IP classful dapat diartikan menjadi "pengalamatan IP berdasarkan kelas". Contoh dari classful routing protocols ialah :
Dalam routing ini Anda tidak dapat mengubah subnet mask, dengan kata lain tidak memberikan informasi Subnet mask. Misal, jika Anda menggunakan IP 192.168.xx, yang Anda lakukan adalah memilih subnet mask yang sama di jaringan tersebut. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan dua subnet mask berbeda dalam jaringan jika Anda menggunakan Kelas Routing penuh.
2.      Contoh Routing Classful
RIP V1(Routing Information Protocol), IGRP (Interior Gateway Routing Protocol), EIGRP
3.      Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :  tidak perlu menyertakan subnetmask pada update routing
Kekurangan :  tidak mendukung vlsm, ketidakmampuan untuk mendukung jaringan discontiguous.

b.      Routing Classless
1.      Pengertian
Classless secara sederhana dapat diartikan "tanpa kelas" atau "tidak menggunakan kelas". Kemudian jika dikaitkan dengan pengalamatan IP, maka pengalamatan IP classless dapat diartikan menjadi "pengalamatan IP tanpa mengenal kelas". Yaitu dengan cara menggunakan Classless-Inter Domain Rouing (CIDR) atau juga dapat dikenal dengan istilah panjang prefiks. Format pengalamatannya adalah dengan member tanda slash (/) di belakang alamat IP kemudian diikuti dengan variable panjang prefiks.
Contoh: 172.26.78.3/28
172.26.78.3 = alamat IP  dan  /28 = panjang prefiks (CIDR)
2.      Contoh Routing classless
RIP v2 dan OSPF, Border Gateway Protocol version 4 (BGP4) dan Intermediate System to Intermediate System (IS-IS)
3.      Kelebihan
Dapat menyederhanakan tabel routing dengan cara satu tabel routing dapat untuk beberapa jaringan sehingga menghemat penggunaan kapasitas router dalam membuat tabel routing. Selain itu, metode ini memungkinkan untuk menggunakan alamat IP kelas A dan B dengan panjang prefix tertentu yang belum dipakai.a

No comments: